Internet Banking Akan Lebih Ramah

Internet Banking Akan Lebih Ramah

Pelanggan online banking akan segera melihat penawaran yang lebih user-friendly(bersahabat coy) dari berbagai institusi finansial ternama, jelas studi terbaru yang dilakukan oleh IDC.

Hasil studi menemukan bahwa bank-bank ternama akan mendorong kemampuan manajemen personalisasi finansial modern dalam penawaran online banking mereka. Contoh dari perangkat personal financial management (PFM) tingkat lanjut yang akan ditawarkan adalah halaman terintegrasi, kostumisasi antarmuka, pencarian tingkat lanjut, pemberian saran pada interaksi pokok,dan analisa aktivitas.

Sejumlah solusi baru ini menawarkan gambaran yang lebih jelas dan utuh megenai keadaan finansial para pelanggan. Solusi yuang ditawarkan juga memungkinkan vendor online banking ternama menawarkan integrasi yang lebih baik ke berbagai sistem back-end penggunanya.

Misalnya dengan Kemampuan PFM, pengguna dimungkinkan untuk melakukan kategorisasi transaksi dan data finansial mereka. Bahkan hingga melakukan pelacakan pelanggaran anggaran atau trarget finansial yang telah ditentukan sebelumnya.

Michael Araneta, Senior Consulting and Research Manager di IDC Financial Insights Asia/Pacific menyatakan, “Bank akan terus memberi perhatian kepada fungsi-fungsi utama seperti menampilkan akun, trnasfer dana, dan pembayaran tagihan. Meskipun kemampuan seperti ini tidak membedakan penawaran online banking. Strategi online yang efektif akan menjadi pertimbangan perubahan perilaku dan pilihan dari pelanggan mereka.”

“Pelanggan yang mengikuti tren teknologi telah bertumbuh kian signifikan. Berlawanan dengan itu, penawaran online banking malah melaju dengan lambat. Semakin matangnya teknologi dan semakin lihainya kempuan Web 2.0 akan menyediakan perubahan bagi perbankan untuk menjadi sangat inovatif dan responsif terhadap pelanggan,” tambahnya.

Araneta menyebutkan bahwa berbagai fungsi online dari PFM dapat juga membantu bank berkompetisi dengan lembaga non-bank, dalam hal situs manajemen keuangan independen.

“Akuisisi yang dilakukan baru-baru ini terhadap Mint.com oleh Intuit dan usaha vendor lain untuk menyoroti elemen Web 2.0 terhadap solusi Internet banking mereka, menggarisbawahi pentingnya kewaspadaan perbankan terhadap pergantian kemampuan dari vendor dan pihak ketiga. Seperti halnya persyaratan perbankan yang kian kaya dan terdiferensiasi, kemampuan vendor pun telah semakin meluas. Banks perlu melakukan perkiraan yang cermat dari penawaran dan usulan para vendor,” terangnya.

ha..ha..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s