10 Cara mudah untuk menjaga PC tetap dalam kondisi prima

 

Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, komputer juga memiliki keterbatasan dalam bekerja. Untuk itu, dibutuhkan pemahaman agar sebuah PC dapat terus bekerja secara optimal.

Tentunya sangat menjengkelkan apabila sedang dalam keadaan penting dan harus terburu-buru untuk mengerjakan sesuatu, akan tetapi komputer yang digunakan tiba-tiba menurun performanya.

Dengan menurunnya performa, mulai dari lama dalam pemrosesan data sampai dengan seringnya perangkat tersebut mengalami ‘hang’ membuat keadaan semakin runyam.

Bahkan muncul banyak asumsi terkait menurunnya performa komputer yang digunakan tersebut, mulai dari terkena virus sampai dengan memori yang kecil.

Akan tetapi jangan gegabah untuk melakukan hal ekstrem terlebih dahulu apabila mengalami permasalahan tersebut. Berikut ini ada beberapa tips singkat yang mungkin berguna dan dapat membantu untuk menjaga agar PC tetap dalam kondisi prima.

  • Ketika memulai menghidupkan komputer, diharapkan untuk menunggu terlebih dahulu PC tersebut melakukan boot up secara keseluruhan sebelum membuka aplikasi.
  • Ketika setelah selesai menggunakan dan menutup sebuah aplikasi, maka disarankan untuk melakukan refresh di layar utama atau desktop. Hal ini berfungsi untuk membuang file-file yang tidak berguna dan tertinggal hasil dari penggunaan aplikasi sebelumnya.
  • Jangan memasang wallpaper di tampilan utama dalam ukuran yang besar untuk menjaga kestabilan RAM.
  • Setiap produk atau program yang diinstal di sebuah komputer pastinya memerlukan ruang sebagai ‘rumahnya.’ Selain menghabiskan ruang, program-program tersebut juga selalu meminta update agar dapat bekerja secara optimal. Disarankan untuk membuang atau meng-uninstal setiap program yang sekiranya sudah tidak terpakai agar memberikan ruang lebih serta RAM tidak bekerja terlalu berat.
  • Jangan menghadirkan banyak shortcut pada desktop karena setiap shortcut yang tercipta dan terpampang di tampilan utama itu, setidaknya memakan kapasitas RAM sebesar 500 byte.
  • Check dan bersihkan tempat sampah atau Recycle Bin sesering mungkin. Walaupun Anda sudah membuang file yang tidak dibutuhkan, namun apabila data tersebut masih ada di dalam Recycle Bin, maka komputer masih akan terus membacanya dan RAM juga akan terpangkas olehnya.
  • Lakukan penghapusan file-file temporer serta file internet temporer secara berkala.
  • Walaupun tidak begitu membawa perubahan yang berarti, namun disarankan untuk melakukan defragment secara rutin agar semua file yang ada dapat tertata dan tidak membebani RAM dalam pembacaannya.
  • Seperti halnya melakukan defragment, lakukan juga Disk Clean Up secara rutin agar dapat membuang semua sampah-sampah yang tertinggal di dalam sistem.
  • Bersihkan PC dari debu karena apabila tidak, maka hal itu dapat berimbas pada kinerja fan pendingin di dalam CPU yang akan menyebabkan mesin menjadi panas karena performanya menurun.

Demikian tips dan trik singkat mengenai cara menjaga agar komputer dapat terus dalam kondisi prima dan dalam performa yang baik. Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s